STANDARD PENILAIAN LOMBA BURUNG BERKICAU SILOBUR 2016 (2)

Senin, 2016-02-21 22:50:06, Dibaca : 1909

BRANJANGAN

Penilaian berdasarkan Variasi Irama lagu yang menunjukkan kecenderungan tonjolan dengan speed rapatserta tembakan dengan disertai trecetan isian lagunya denganhentakan dan kecepatan tonjolannya.Selain mengutamakan tonjolanbranjangan bagus harus ngerol (berganti lagudengan berbagai variasinya yang bukan monoton.

Volumelagunya denganpowernya besarbersihkristaldan tajamAlangkah bagus kalau branjangan memiliki suara berirama tebal dengan volume keras dan tembus.

 

CENDET :

Irama lagu: adanya keserasian variasi lagu dan tonjolan atau tembakan, lagu dibawakan panjang panjang dengan speed yang rapat. Gaya dan Fisik Berdiri tegak memiliki posisi tarung, duduk saat membawakan lagu waktu dilombakan tidak banyak salto atau bergerak, serta burung tidak cacat fisik. Volume: tajam, tembus, power bagus. Durasi kestabilan kinerja burung dari awal hingga akhir bunyi terus membawakan lagu tidak banyak ngetem kerja burung di atas 80%.

 

ANIS MERAH

Point tetap pada acuan Irama lagu, Volume, Durasi kerja dan Gaya. Anis Merah yang teler dengan disertai ngerol nembak dengan diserta variasi lagu yang bagus/banyak akan mempunyai point tinggi, apalagi bila mempunyai teler yang bagus ke kanan ke kiri. Namun teler yang kosong akan mengurangi point. Anis merah yang loncat pada saat bendera bunyi  belum terisi penuh atau masih di awal-awal, masih berhak mendapatkan penilaian, tapi pada saat bendera sudah penuh atau di saat kontrolan kedua atau ke tiga, atau sudah favoritkan calon juara dan burung loncat tetap mendapatkan favorite calon koncer tapi tidak berhak mendapatkan bendera KONCER.

 

ANIS KEMBANG

Dasar penilaian berdasarkan Variasi Irama lagu, Volume, Durasi dan Gaya. Anis kembang yang mempunyai Irama lagu ngerol full, intonasi, speed rapet, disertai dengan variasi lagu banyak dengan bunyi trecetan, Volume yang keras buka paruh lebar, tembus powernya besar, suara kristal dan tajamdan Gaya yang nagen nancep berdiri seperti angka 1 adalah menjadi prioritas.

 

CIBLEK

Standard penilaian ciblek adalah yang NGEBREN panjang-panjang, disertai dengan variasi serta diiringi Irama lagunya, misalnya lagu dasar atau isiannya burung lain diujungnya ngebren panjang-panjang. Dibawakannya terus menerus sampai dengan Volume: tajam, tembus, power bagus. Durasi kestabilan kinerja ciblek dari awal hingga akhir bunyi terus membawakan lagu tidak banyak ngetem serta kerja burung di atas 80%.

 

PLECI/KACAMATA

Pleci yang membawakan IRAMA LAGU yang bagus dibawakan ngerol dengan speed yang rapat disertai tembakan atau tonjolan, mempunyai VARIASI LAGU yang banyak bukan HANYA NGALAS saja, VOLUME-nya keras dalam satu kelas saat dilombakan yaitu volume yang powernya: kristal, dan tajam; ber DURASI yang stabil kinerjanya dari awal hingga akhir bunyi terus membawakan lagu di atas 80%, serta mempunyai gaya atau penampilan saat berlaga.

  • Skala prioritas yang burung NAGEN ber MATERI (Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi), namun bila tidak ditemukan maka yang minim loncat dan memenuhi Standard/Pakem Silobur menjadi prioritas.
  • Pleci loncat, maksimum +/- 3 X dimana pleci loncat ini ber MATERI (Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi) masih berhak juara koncer.
  • Pleci loncat, maksimum +/- 4 – 6 X dimana pleci loncat ini ber MATERI (Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi) masih berhak juara non koncer.
  • Bila ada 1 gantangan kok semua loncat maka yang paling minim loncat dan mempunyai Kriteria: Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi akan menjadi prioritas, kalau kita kaku nanti gak ada yang juara jadi loncat boleh dengan ketentuan di atas.
  • Perhitungan loncat di saat juri sudah masuk lapangan.
  • Pleci angkat kaki, tidak diperhitungkan dalam penilaian juara koncer atau non koncer, namun menjadi catatan terendiri sebagai penilaian cadangan.
  • Bila dalam suatu lomba pleci tidak ditemukan pleci yang tidak bagus sesuai kriteria Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi, maka pleci yang loncat ber MATERI (Variasi Irama Lagu, Volume dan Durasi) masih diberi kesempatan juara Koncer atau non koncer.

 

Untuk penilaian burung yang belum kami jelaskan di atas prinsipnya adalah pada penilaian Variasi & Irama lagu, Volume, Durasi dan Gaya/Fisik sebagai prosentase terkecil.

Komentar