ANTUSIASME LUAR BIASA PROGRAM PERTAMA LOMBA DIVISI SILOBUR PANTURA

Senin, 2016-03-02 16:43:19, Dibaca : 1122
Program Lomba skala kecil dengan tiket dibawah 100 ribu yang dkomandani H. Pincuk RKBC telah dimulai dengan diadakannya lomba di Tayu city. Lomba diketuai Mr.Kemon dkk, telah sukses menggelar dengan tajuk Tayu City Feat Silobur di Pasar Burung Tayu, 28 Februari 2016. Walaupun awal diguyur hujan dan listrik mati tidak menyurutkan animo peserta. Kurang lebih 650an peserta dengan kapasitas gantangan masksimal 40 antusias peserta cukup besar untuk meramaikan lomba yang berbasis penjurian silobur ini.
 
Program lomba ini menugaskan Team Juri SILOBUR Divisi Pantura (Jepara-Kudus-Pati-Purwodadi-Blora-Rembang) merupakan program bulanan di Divisi Pantura yang diketuai oleh H. Pincuk RKBC, dengan diawasi oleh Team Silobur Jateng. Program berikutnya adalah ada tanggal 20 Maret di SMA Negeri Kragan, Rembang, Jawa Tengah.
 
 
EVALUASI LOMBA:
Dari evaluasi lomba di Juana, maka syarat untuk membuat lomba yang berbasis SILOBUR adalah:
1. Pagar berjarak minim 6 meter
2. Keamanan dari Panitia yang tegas, dalam hal ini SILOBUR Pantura telah mengangkat Achmad yang merupakan anggota TNI juga sebaga salah satu Juri SILOBUR dari Jepara sebagai Koordinator Keamanan Wilayah Pantura (Jepara-Kudus-Pati-Purwodadi-Blora-Rembang). Koordinator Keamanan ini akan berkomunikasi dan koordinasi dengan Panitia lomba silour di area pantura ini.
3. Syarat Juri bertugas adalah HARUS berpengalaman terbiasa menggunakan Teknik Penjurian Silobur, untuk wilayah Pantura Latihan yang terbiasa menggunakan Teknik Penjurian silbur adalah Latihan Jumat sore RKBC Margoyoso Pati, Latihan Kamis Sore Ungaran BC Semarang dan Latihan Selasa di Jepara. 
4. Harus ada Pengawas SILOBUR minimal dari Propinsi Jawa Tengah atau Silobur Pusat.
 
 
 
BELUM SIAP KETERBUKAAN
Sistem silobur adalah sistem dengan mengedepankan Transparansi & Keterbukaan, baik dari sisi Team Penjurian dan pelomba itu sendiri, dari Team Juri apabila belum siap dengan model ini pun akan mudah blank atau hilang konsentrasi, apalagi tidak didukung oleh sarana dan prasarana oleh panitia. Juga dari sisi pelomba banyak yang belum siap dengan sistem ini, misal apabila ada juri berjumlah 6, bila mendapatkan pengajuan berjumlah 5 maka si pelomba akan TIDAK terima atau protes, pada hal 1 juri tidak memberikan nilai PASTI ada alasan misal si burung kurang kerja saat juri minimal 2 kali di blok tsb. Sistem blok dimana setiap blok juri akan memantau di setiap blok nya untuk memastikan bahwa semua burung akan dipatau oleh Juri, model klasik dimana teknik jalan juri yang tidak sistematis sudah tidak diterapkan di silobur.
 
 
PARA JAWARA
Beberapa juara di Tayu feat Silobur cukup bervariasi sebagai berikut:
* Dewi Gangga meraih quatrick dikelas Love Bird disusul Pentet dan Murai Batu. Gacuan Hery/Ony dkk Putra Pesisir SF semakin menancapkan taringnya dikawasan pantura.
 
* Cucak Hijau Raja Sawer milik H.Hadi Juawana dan Kacer Rahasi Cinta Aziz Tayu Nyeri dieven ini.
 
* Mr. Githuk Karang Anyar unggul di Murai Batu dan Cucak Jenggot. Demikian Heru Mulya Juwana panen di kelas Cucak Jenggot dan Kenari.
 
* Team RKBC tidak ketinggalan melesatkan gacu-gacu di Cucak Ijo, Pentet dan Kacer
 
* Mr.Fatma dan Mr.Budho dari DT. Balok Ngabul Cup 1 gacuannya banyak yang bertengger diposisi tiga besar terutama dikelas Kacer. Dan juga mengundang kicau mania untuk hadir 13 maret di Balok Ngabul Cup 1 Jepara.
 
 
Diakhir acara Mr.Kemon menyampaikan terima kasih dan memohon maaf. “Nantikan Even-even SILOBUR di PANTURA dengan kemasan yang menantang” Tandasnya.
 
 
Daftar juara  dapat dilihat di http://www.silobur.com/arsip/detail/122

Komentar