PIALA BUPATI KARAWANG CUP 2017 SUKSES feat SILOBUR

Minggu, 2017-06-08 17:00:11, Dibaca : 884

PIALA BUPATI KARAWANG 2017

“PENJURIAN SYSTEM SILOBUR KONDUSIF, NYAMAN, REAL TRANSPARAN & TERBUKA”

 

Lomba burung berkicau PIALA BUPATI KARAWANG pada tanggal 14 Mei 2017 walau hanya persiapan 2 Minggu berjalan lancer, kondusif, dan nyaman bekerja sama dengan SILOBUR (System Lomba Burung) telah dihadiri sekitar 1200 peserta (data terakhir dari Panitia).

Hampir sebagian besar kelas full gantangan terutama di kelas Murai Batu, Cucak IJo, dan Love Bird. Kacer mencapai 39 peserta, juga di kelas Anis Merah yang biasanya sepi kali ini dibuka 2 kelas  mencapai 37 peserta per kelasnya. Tidak kalah juga kelas KONIN yang dimotori oleh Cahyono selaku Ketua KOMANDO (Konin Mania Indonesia) yang hamper mencapai full gantangan.

Juara Utama Murai Batu kelas Bupati Karawang dipegang “Sianida” gacoan Kartiwa/Jumadi dari Karoaku BC, Juara II “Prabu” gaco H. Dede Komarudin/Ari SN, Putra Karawang dan Juara III “Solar” Coen's dari Heuleut Majalengka.

Juara Utama Love Bird kelas Bupati Karawang Juara I “Kuda Poni” gaco Anton Ge Onx dari Karoaku BC, Juara II “Leunjang” milik H. Hasan dari Sanjaya SF Lembang dan Juara III “Rembulan” milik nendra dari Filok Team Kepuh.

Juara BC dipegang oleh KARAOAKU BC dengan mengantongi Juara I sebanyak 5 kali, Juara II sebanyak 2 kali dan Juara 3 sebanyak 5 kali.Sementara Juara SF dipagang oleh KARTIWA SF dengan mengumpulkan JUARA I sebanyak 4 kali dan Juara 3 sebanyak 3 kali.

Sehubungan SILOBUR baru masuk pertama kali di Jawa Barat khususnya di Karawang, masih banyak yang bertanya bagaimana system silobur. System SILOBUR dalam penjurian BURUNG berkicau mengacu pada VOTING TERTINGGI, dimana syarat CALON KONCER adalah yang berada di level voting tertinggi dan yang NON KONCER bisa dari VOTING tertinggi yang tidak mendapatkan koncer dan voting dibawahnya. System ini dapat dijelaskan dengan METODE GAMBAR PIRAMID TERBALIK.

Pakem dan Teknik Penjurian Love Bird mengacu pada SYSTEM DURASI: 3-8 detik kategori Pendek (Putih), 9-18 detik kategori Sedang (Kuning), 19-28 detik kategori Panjang dan > 29 detik kategori Istimewa. BIla poin sama maka skala urutan prioritas adalah 1). Love Bird yang mempunyai terpanjang dari Istimewa, Panjang, Sedang dan Pendek, 2). Jumlah Bendera Biru dimana bendera biru diantaranya adalah NGERUJI 3). Volume dan Variasi Lagu diantara  1 kelas yang paling menonjol. Dan bila poin masih sama maka baru di Tos atau menggunakan nomor gantangan terkecil. Karena kami ketat di penilaian lovebird ini, maka sebagai kompensasinya kami buka 1 kelas Free Action, dimana kategori Free action adalah Love Bird yang TIDAK mengeruji saat bunyi, Yang bunyi memejamkan mata (tidur) serta lovebird yang bermasalah di fisik. Intinya kami mencari burung-burung yang berkualitas.

Event tahunan PIALA BUPATI KAWARANG dalam hal tanggal, kemasan hadiah, dan kepanitaan ditangani oleh PANITIA LOMBA BUPATI KARAWANG, Silobur hanya sebatas di area penjurian. Event Bupati selanjtnya Silobur masih dipercaya untuk menghandel lagi penjurian. Lewat media ini Panitia mohon maaf bila ada banyak kekhilafan dan kekurangan.

Komentar