SILOBUR SUATU SISTEM PENJURIAN YANG MENGONTROL MENUJU FAIR PLAY DAN REAL TERBUKA

Jumat, 2015-06-26 19:02:22, Dibaca : 1485
Silobur-KM, Silobur atau Sistem Inovasi Lomba Burung merupakan sistem yang mendorong atau mengontrol penjurian untuk menuju penjurian yang lebih fair play, "Real Terbuka" dan Transparan. Hal ini dapat kami paparkan sebagai berikut:
 
1. PIRAMID SYSTEM
Dari gambar di atas yang merupakan gambar pola PIRAMID SYSTEM yang terbalik merupakan LANDASAN dari SILOBUR, dari gambar di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:
 
* Syarat CALON KONCER HARUS FULL AJUAN atau Full NILAI MENTOK 38
Syarat inilah yang harus dipenuhi untuk menuju ke tangga KONCER, apabila tidak ada NILAI FULL, berarti ada juri yang mungkin kurang jeli terhadap penilaian burung atau si burung saat dinilai oleh salah satu Juri dengan mengecek minimal 2 kali si burung tidak bekerja secara optimal. Penambahan 1 bendera mentok di lapangan dimaksudkan kemungkinan si Juri kurang jeli terhadap burung tersebut, penambahan 1 bendera mentok atau 1 ajuan ini pun harus memenuhi syarat yaitu harus ada di catatan si korlap bahwa di burung benar-benar memang layak untuk dinaikan ke tangga calon koncer, dan juga HARUS ada di catatan KORLAP yang lain.
 
* Break Down Ajuan / NIlai Mentok 38 secara detail
Maksud break down di sini adalah bahwa apabila full mentok TIDAK mendapatkan Juara, maka akan menempati secara otomatis dibawah koncer, begitu seterusnya sampai ajuan terkecil selama jumlah juara belum memenuhi quota juara.
 
* Ajuan Kecil TIDAK bisa mempengaruhi atau menggeser juara AJUAN lebih besar, misal ajuan 5 atau mentok 5 ada 3 maka nomor terkecil akan otomatis menempati urutan teratas (Note: apabila tdk menggunakan sistem tos), mentok 5 ini tidak bisa menggeser posisi ajuan 6 yang tidak masuk koncer, dibawah ajuan 5 adalah ajuan 4 dimana ajuan 4 ini tidak bisa menggeser ajuan 5, dan seterusnya.
 
* Ajuan terkecil atau ajuan 1 SULIT akan menempati Juara, baik Juara Koncer maupun di luar Koncer.
 
 
2. TRANSPARAN & REAL TERBUKA
Penancapan bendera AJUAN atau bendera mentok langsung di lapangan merupakan hal yang sangat transparan dan terbuka kepada semua peserta lomba. Dengan model ini TIDAK ada pemberian NIlai Mentok 38 yang dilakukan oleh REKAP karena penilaian selesai, berati semua pengajuan atau pemberian nilai mentok 38 SUDAH dilakukan. Peserta langsung bisa melihat jumlah ajuan oleh juri atau nilai mentok 38 di lapangan saat itu juga. Sudah siapkan mental anda dengan ini, karena pengalaman peserta pada TIDAK mentalnya misal si A dapat ajuan bendera 2, maka akan protes kenapa dan kenapa tanpa membandingkan dengan burung lainnya, dan harus diakui peserta hampir sebagian besar memanta kinerja burung sendiri.
 
 
3. VOTING SISTEM
Sistem Silobur mengacu pada VOTING sistem, artinya hanya ajuan-ajuan tinggi atau ajuan yang banyak lah yang berhak menuju juara, baik juara koncer yang harus FULL AJUAN atau juara di luar koncer. Jadi dengan VOTING SYSTEM ini tidak mungkin ajuan minim akan menempati tangga juara terutama JUARA KONCER.
 
 
4. Juri DILARANG KOMUNIKASI
 
Dalam bertugas Juri:
* Menggunakan sistem BLOK dengan berjalan searaj JARUM jam, dengan demikian TIDAK akan bertemu diantara juri satu dengan juri lainnya.
* Juri dilarang berkomunikasi di dalam LAPANGAN, komunikasi hanya diijinkan kepada Korlap/IP atas sepengetahuan PENGAWAS KM, apabila ada keraguan dalam menentukan ajuan favorite atau bendera koncer.
* Juri dilarang BERGEROMBOL di saat TUGAS DI LAPANGAN.
* Komunikasi diperbolehkan dengan KORLAP/Pengawas untuk berdiskusi bila si juri ragu dalam menentukan koncer atau pengajuan.
 
Dengan demikian, maka akan dihasilkan penjurian yang optimal.
 
 
BEBERAPA POINT PLUS SILOBUR:
  • Memudahkan juri untuk identifikasi secara cepat burung-burung yang akan diberi koncer.
  • Meringankan dan memudahkan tugas KORLAP, IP dan Pengawas untuk mengontrol ajuan juri.
  • Memudahkan KORLAP untuk merekap secara cepat.
  • Tidak diperlukan perumus NOMINASI/FAVORIT
  • Metode yang lebih cepat untuk efisiensi waktu terutama pada jumlah kelas yang banyak.
  • Sistem ini lebih REAL TERBUKA karena pelomba dapat dengan langsung melihat jumlah pengajuan juri (Jumlah nilai mentok).

 

Perlu kami infokan bahwa SILOBUR adalah suat Sistem Penjurian berbasis SOFTWARE, karena masyarakat perburungan lebih menyukai Versi Manualnya maka kami sajikan Versi Manualnya, namun prinsip dasar atau kaidahnya adalah sama persis antara Versi Software dan Manualnya.

Komentar